-->
yes
no
10/Promotion/slider
no

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Pada Kipas Processor

Tidak ada komentar


Laptop merupakan bentuk penyederhanaan dari komputer tabung. Laptop dibuat lebih kecil dan lebih ringan jika dibandingkan dengan komputer tabung, tetapi tidak mengurangi fungsi dari komputer tersebut. Laptop juga tersusun atas berbagai komponen atau fitur baik yang tersedia pada komputer tabung, maupun yang belum tersedia pada komputer tabung seperti processor, motherboard, kamera, software, dan berbagai komponen lainnya. Seluruh komponen yang terdapat pada laptop biasanya menghasilkan panas ketika sedang beroperasi. Panas yang dihasilkan tentunya dapat meningkatkan suhu atau temperatur laptop tersebut serta dapat membuat laptop mengalami over heating.

Over heating sendiri merupakan suatu kondisi ketika sebuah laptop menghasilkan panas berlebih, yang dapat memberikan dampak buruk terhadap operasional laptop tersebut. Jika temperatur laptop kita terlalu tinggi maka laptop kita bisa melakukan restart dengan sendirinya atau bahkan laptop kita bisa mengalami mati mendadak. Oleh karena itu, setiap laptop biasanya juga dilengkapi dengan perangkat heatsink atau yang lebih kita kenal sebagai kipas processor. Kipas processor memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kinerja laptop. Jika terjadi kerusakan pada kipas processor, maka processor laptop kita akan berada pada suhu yang sangat tinggi. Hal ini tentunya akan berfek pada kinerja laptop kita yang akan mengalami penurunan fungsi seperti sering restart mendadak, maupun sering mati mendadak. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga supaya kondisi kipas processor laptop anda selalu berada dalam kondisi baik.

Terkadang, kita sering mengabaikan beberapa tanda yang terjadi pada laptop kita yang menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan laptop kita. Jika diabaikan begitu saja, maka bukan tidak mungkin bahwa laptop kita akan mengalami kerusakan fatal yang tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu, ketika anda merasakan ada sesuatu yang salah dengan laptop anda, maka segera lakukan perbaikan supaya laptop anda tetap berfungsi secara optimal. Berikut ini merupakan tanda beberapa tanda jika terjadi kerusakan pada kipas processor di laptop anda yaitu :

Sering mengalami overheat


Overheat merupakan suatu kondisi ketika laptop kita mengalami panas berlebih. Hal ini biasanya ditandai dengan suhu body laptop yang terasa sangat panas. Nah, kondisi overheat ini bisa menandakan bahwa telah terjadi kerusakan pada kipas processor anda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kipas processor atau heatsink berfungsi sebagai pendingin sekaligus membuang udara panas dari dalam laptop. Apabila laptop anda sering mengalami overheat, maka ada kemungkinan bahwa heatsink laptop anda tidak berfungsi.

Suara kipas sangat berisik


Tanda lain yang menandakan bahwa terjadi masalah pada kipas processor anda adalah ketika suara kipas processor terdengar cukup berisik. Hal tersebut bisa anda sadari ketika laptop pertama kali dinyalakan. Suara bising tersebut biasanya diikuti dengan suhu laptop yang terasa hangat atau bahkan panas.

Tidak terasa ada angin pada bagian pembuangan


Hal lain yang bisa menjadi tanda bahwa kipas laptop and asedang bermasalah adalah tidak terasanya angin pada bagian pembuangan. Setiap laptop biasanya memiliki bagian pembuangan udara panas pada bagian bawah laptop atau samping laptop. Jika anda tidak merasakan adanya angin yang keluar pada bagian pembuangan tersebut, itu menandakan bahwa kipas processor laptop anda tidak berputar atau tidak berfungsi. Hal tersebut dapat berakibat pada terjadinya over heating. Jika tidak segera diperbaiki, overheating tersebut bisa membahayakan kinerja laptop anda.

Jadi, ketika anda sudah yakin dan berhasil mendeteksi tanda - tanda terjadinya kerusakan pada kipas laptop anda, maka anda harus segera memperbaikinya. Jika anda tidak berkompeten dalam memperbaiki laptop, sebaiknya anda membawanya ke tempat service yang ditangani oleh tenaga ahli komputer, atau membawanya ke tempat service resmi sesuai dengan merek laptop yang anda miliki. Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah mendeteksi kerusakan pada kipas processor. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia teknologi.

author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

no
ITHelpDesk.co.id menyediakan jasa layanan servis laptop, printer, dan berbagai perangkat IT lainnya. Kami juga menyediakan jasa IT Support professional dengan sistem kontrak yang fleksibel. [Jasa IT Support dan Service ITHelpDesk] (http://ithelpdesk.co.id/img/logo.png)